Jumat, 17 Agustus 2012

Gagasan Utama/Gagasan pokok/Ide pokok, Kalimat Utama, Kritik, Pendapat, dan Opini

         Paragaraf adalah seperangkat kalimat yang berkaitan satu sama lain dan membentuk satu kesatuan untuk mengutarakan atau mengemukakan satu gagasan utama atau gagasan pokok. Syarat- syarat sebuag paragraf yaitu koheran ( berhubungan), kohesif (padu), dan memiliki satu gagasan utama (pokok)

        Gagasan utama, gagasan pokok, atau ide pokok adalah hal yang di bahas atau di ungkapkan dalam baca'an. Gagasan pokok terletak di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif), di awal dan di akhir paragraf (deduktif _ induktif atau campuran ), atau di seluruh paragraf.

        Kalimat utama merupakan kalimat berisi ide pokok. Kalimat utama dapat di temukan di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf.

        Keritik merupakan tanggapan yang di sertai uraian dan pertimbangan baik atau buruk mengenai sesuatu. Keritik yang di berikan dapat berupa tanggapan positif (baik) atau tanggapan negatif (buruk). 
Kritik harus di sertai alasan yang logis. Ketika memberikan tanggapan, pendapat sering diungkapkan.

        Pendapat atau opini merupakan pikiran atau perkiraan tentang sesuatu. Pendapat berbeda antara satu orang dengan orang lain. Oleh karena itu, pendapat belum tentu dapat di buktikan kebenarannya.

         Simpulan merupakan ikhtisar atau pendapat terkahir berdasarkan uraian sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar