Jumat, 17 Agustus 2012

Berita, Cara Mencari Berita dan Perbedaan Penyajian Berita

Berita
        Berita merupakan keterangan mengenai kejadiana atau peristiwa. Berita memuat Informasi lengkap. Isi berita merupakan jawaban atau 5W + 1H sebagai berikut.

  1. What, apa yang di Informasikan.
  2. Who, siapa yang di Informasikan.
  3. Where, di mana peristiwa itu terjadi.
  4. When, kapan peristiwa itu terjadi.
  5. Why, mengapa peristiwa terjadi.
  6. How, bagaimana, peristiwa terjadi.
        Beberapa surat kabar atau majalah kadang - kadang menginformasikan berita yang sama. Namun, kesamaan hanya pada inti informasi. Sementara itu, teknik penyajian berbeda.

Cara mencari berita
        Isi berita dapat di ketahui dengan mengajukan pertanyaan apa. Isi berita secara ringkas terdapat dalam headline atau kepala berita. Kepala berita berisi penjelasan singkat 5W + 1H.

Cara Mencari Perbedaan Penyajian
        Penyajian berita setiap surat kabar berbeda. Perbedaan tersebut dapat di ketahui dengan mengajukan pertanyaan 5W + 1H. Selain itu, pertanyaan yang dapat diajukan yaitu berapa. Setiap kalimat merupakan jawaban atas satu pertanyaan.
         Informasi memberitahukan peristiwa atau sesuatu yang dilaporkan. Dalam informasi tersebut, terdapat pernyataan yang bertentangan.

Cara menentukan Informasi yang Bertentangan
        Informasi bertentangan karena ada informasi yang berkebalikan. Jika informasi menyebutkan kelebihan, ada informasi lain menyebutkan kelemahan. Untuk memudahkan menetukan informasi yang bertentangan, carilah kata penghubung yang menyatakan makna hubungan pertentangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar